Microsoft Surface, “Meja” Multi fungsi


Sekarang, ada teknologi baru lagi pada sistem komputerisasi yaitu microsoft surface. Ini adalah sebuah produk komputer yang memiliki fitur multi-sentuh dan dikembangkan oleh perusahaan Microsoft. Fitur multi-sentuh merupakan perpaduan dari teknologi perangkat lunak dan perangkat keras komputer yang memungkinkan seorang pengguna atau banyak pengguna untuk mengoperasikan komputer dengan menggunakan sentuhan tangan atau obyek lain di atas permukaannya.

Untuk lebih jelasnya, Microsoft Surface adalah salah satu teknologi baru yang dikeluarkan oleh Microsoft yang ditujukan untuk memudahkan penggunanya dalam melakukan aktifitas. Keunggulan utama dari produk ini adalah fitur multi-sentuhnya. Produk yang dikeluarkan oleh Microsoft ini pada dasarnya adalah sebuah komputer bersistem operasi Windows Vista yang telah dimodifikasi dan dibenamkan ke dalam meja yang kemudian ditutupi oleh permukaan reflektif berukuran 30 inchi dalam sebuah bingkai akrilik.

Sebuah proyektor di bawah permukaannya memproyeksikan gambar ke atas permukaan. "Penglihatan" yang dimiliki microsoft surface tercipta dari gelombang cahaya infra merah berukuran 850 nanometer yang diproyeksikan ke permukaan komputer. Lima buah kamera di bagian dalam meja, merekam pantulan-pantulan sinar infra-merah yang terpancar dari jari-jari manusia. Kamera tersebut juga bisa mengenali obyek yang disimpan di atas permukaannya, bila obyek tersebut memang memiliki spesifikasi khusus yang dapat dikenali Microsoft Surface.

Pengguna bisa berinteraksi dengan komputer ini dengan cara menyentuh atau menggeser-geserkan jari tangannya di atas permukaan meja. Bahkan obyek seperti kuas cat-pun dapat digunakan untuk berinteraksi dengan komputer. Selain itu, benda-benda elektronik seperti telepon seluler, PDA bahkan peralatan makan, juga dapat berinteraksi dengan Microsoft Surface, cukup dengan meletakannya di atas permukaan meja. Hingga saat ini hanya kalangan tertentu yang mampu menggunakan Microsoft Surface karena harganya melambung. Namun, seperti yang dikemukakan oleh pengembangnya, diharapkan tahun 2010 produk ini dapat dipasarkan secara meluas dengan harga yang lebih terjangkau.

SEJARAH MICROSOFT SURFACE

Teknologi multi-sentuh yang dimiliki Microsoft surface setidaknya sudah ada sejak 25 tahun yang lalu, saat Universitas Toronto menemukan teknologi tablet multi-sentuh (multi-touch tablet) dan Bell Labs menemukan teknologi layar multi-sentuh (multi-touch screen). Sedangkan di Microsoft sendiri, ide untuk membuat sebuah produk yang memiliki fitur multi-sentuh, muncul sejak tahun 2001. Konsep awalnya muncul dari Steven Bathiche, staf hardware Microsoft, dan Andy Wilson, staf riset Microsoft. Pada bulan Oktober 2001, sebuah tim dibentuk, dengan Batiche dan Wilson sebagai pemimpinnya. Tim ini bertugas untuk membawa ide produk berfitur multi-sentuh menuju ke tahapan pengembangan.

Pada tahun 2003, tim tersebut mempresentasikan idenya kepada pemimpin Microsoft, Bill Gates. Kemudian, sebuah prototip yang diberi nama 'T1' berhasil diproduksi dalam waktu satu bulan. Tim yang sama juga mengembangkan beberapa perangkat lunak untuk prototip baru tersebut, termasuk permainan pinball, aplikasi pelihat foto, serta puzzle video. Tahun-tahun berikutnya, Microsoft membuat hingga 85 buah prototip awal Microsoft Surface. Sedangkan rancangan akhir untuk perangkat kerasnya sendiri, berhasil diselesaikan pada tahun 2005.

Microsoft Surface pertama kali diumumkan kepada publik oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada tanggal 30 Mei 2007 pada konferensi 'D: All Things Digital' yang diselenggarakan oleh The Wall Street Journal di Carlsbad, California. Pada tanggal 1 April 2008, Microsoft dan AT&T mengumukan bahwa AT&T akan menjadi toko ritel pertama yang memasarkan Microsoft Surface, dimulai pada tanggal 17 April 2008.


CARA KERJA MICROSOFT SURFACE

Microsoft Surface menggunakan camera untuk menggerakan tangan dan sentuhan. Pengguna penginput MS kemudian diproses dan di tampilkan mengunakan bagian belakang proyektor. Spesifikasinya:

  • MS menggunakan bagian belakang sistem proyeksi dimana tampilan gambarnya diatas bagian permukaan bawah pada sebuah alat penyebaran.
  • Objek-objek seperti jari-jari memungkinan melalui alat penyebar dari jenis camera sensitive infrared, yang posisinya dibawah tampilan.
  • Gambar diproses sistem pemrosesan gambar kamera untuk mendeteksi jari-jari, tanda pengenal, dan objek-objek seperti kuas cat ketika menyentuh tampilannya.
  • Objek-objek yang di akui dengan sistem ini di laporkan untuk penggunaan dalam computer, maka dari itu mereka dapat merespon pada bentuk objek, tampilan 2D, gerakan dan sentuhan.

KEGUNAAN MICROSOFT SURFACE

Microsoft Surface pertama-tama akan digunakan oleh para konsumen yang bergerak di bisnis perhotelan, restoran, hiburan serta militer. Bagi perusahaan perhotelan, komputer ini bisa digunakan untuk memilih menu di restoran atau digunakan di kamar-kamar hotel untuk merencanakan tempat-tempat yang akan dikunjungi tamu, di luar hotel. Hotel Starwood berencana untuk menggunakan Microsoft Surface agar memungkinkan para konsumennya untuk meletakkan kartu kredit di atas permukaan komputer, kemudian menggunakannya untuk membayar layanan-layanan hotel yang telah dinikmati.

Microsoft Surface juga rencananya akan digunakan di toko telepon seluler T-Mobile, agar para konsumen bisa membandingkan harga dan fitur dari dua buah telepon seluler dengan cara meletakkan kedua buah telepon seluler tersebut di atas permukaan komputer.


DAMPAK ADANYA MICROSOFT SURFACE

Kehadiran Microsoft Surface sangat memudahkan bagi manusia. Aktifitas manusia yang rumit bias dipermudah dengan ,enggunakan fasilitas ini, seperti contoh : Fasilitas ini memungkinkan Anda untuk memiliki beberapa aplikasi dalam beberapa jendela. Bayangkan jika Anda ingin melihat album foto di komputer Anda bersama dengan tiga atau empat dari teman-teman Anda, bayangkan saja setiap orang mencoba untuk melihat mereka. Microsoft Surface memungkinkan orang untuk duduk di dalam posisi yang berbeda dan melihat gambar.

Namun fasilitas ini juga bisa sangat merugikan bagi manusia. Bayangkan jika Anda pergi ke restoran dan tempat sebuah gelas anggur di atas meja yang sebenarnya Microsoft Surface. Anda memilih anggur pilihan Anda dan pesanan yang diterima oleh staf, tanpa satu kata komunikasi lisan. Tidak ada pelayan yang akan menyapa Anda dan tersenyum pada Anda saat Anda membayar pesanan. Hubungan emosional dan social yang sering terjadi dalam kehidupan manusia pun menjadi semakin berkurang.

SPESIFIKASI MICROSOFT SURFACE


Nama Produk : MICROSOFT SURFACE

PENGEMBANG : Microsoft

SISTEM OPERASI : Microsoft Surface menggunakan sistem operasi Windows Vista yang telah dimodifikasi serta memiliki konektivitas Ethernet 10/100, [[IEE 802.11|nirkabel 802.11 b/g dan Bluetooth 2.0.

BENTUK : Microsoft Surface berbentuk seperti meja dengan tampilan berukuran 30 inchi (76 cm), dengan tinggi sebesar 22 inchi (56 cm), kedalaman 21 inchi (53 cm) dan lebar 42 inchi (107 cm). Permukaan atas Microsoft Surface berbahan akrilik

HARGA : $ 5.000 - $ 10.000

Berikut contoh dari Microsoft Surface yang bisa dilihat di :

http://www.youtube.com/watch?v=_g0DN1xVfUs

http://www.youtube.com/watch?v=Zxk_WywMTzc

Informasi mengenai Microsoft Surface ini juga bisa dilihat di :

http://www.microsoft.com/surface/


Sumber:

http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Surface

http://themaniax.blogspot.com/2009/03/microsoft-surface-teknologi-touch.html

http://www.microsoft.com/SURFACE/about_faqs/faqs.aspx

http://ganto.web.id/index.php?option=com_content&task=view&id=238&Itemid=45

0 komentar:

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 art.Mosphere Designed by csstemplatesmarket

Converted to Blogger by BloggerThemes.Net