FOTOGRAFI: Melukis dengan Cahaya


Apa yang ada di bayangan kamu saat kata “melukis” terlontarkan? Mungkin kamu akan membayangkan kanvas, cat minyak, kuas, dan seseorang dengan menggunakan baret di kepalanya tengah sibuk menggoyang-goyangkan tangannya guna menghasilkan sebuah karya. Namun, bisakah kamu bayangkan bagaimana cara melukis dengan cahaya? Hhhmmm…seperti apa ya?

Melukis dengan cahaya merupakan arti dari fotografi. Fotografi, potret-memotret dan sebagainya yang menggunakan kamera dibantu flash, tripod, lighting, atau perlengkapan fotografi lainnya. Dengan menggunakan kamera, sebenarnya kita tengah mengahasilkan sebuah karya seni berupa foto yang dihasilkan melalui perpaduan bakat kita dengan kecerdasan alat bernama kamera. Dengan bantuan cahaya, kamera dapat menangkap “gambar” yang terlihat di depannya dan menjadikannya sebuah karya foto yang mengandung berjuta makna.


Seperti halnya melukis di atas kanvas yang memungkinkan terjadinya kesalahan, melukis dengan menggunakan cahaya pun sama. Tidak semua foto yang kita ambil dengan kamera kita menghadilakn sebuah karya yang bagus. Terkadang hasil foto kita over exposure, under exposure, atau bahkan blur. Namun, semua itu adalah proses kreativitas yang akan terus berkembang. Bagus tidaknya hasil lukisan yang tercipta akan memberikan pembelajaran bagi si pembuat yang akan mendorongnya untuk terus menghasilkan karya yang semakin bagus.


Dunia fotografi sekarang tidak hanya menjadi miik para profesional yang menjadikan fotografi sebagai profesi. Munculnya berbagai perkumpulan pecinta fotografi dengan berbagai cakupan yang digandrungi anak muda juga menjadi sinyal bahwa “seni melukis dengan cahaya” ini, sekarang telah menjadi milik masyarakat secara luas. Sering kita lihat, terutama di kota-kota besar Indonesia, anak muda, baik yang masih bersekolah, kuliah, maupun para dewasa muda, hilir mudik membawa kamera dan membidikannya ke berbagai objek untuk menghasilkan sebuah karya foto.


Beberapa jenis kamera yang sering digunakan oleh kaum muda untuk menghasilkan foto-foto mereka antara lain digital pocket camera, digital-SLR, dan LOMO. Digital pocket camera merupakan kamera yang paling praktis untuk digunakan dan mengambil gambar yang diinginkan. Seperti yang dikatakan Andika (20) mahasiswa penggiat dunia fotografi dari sebuah universitas negeri di Bandung, dari ketiga jenis kamera tadi, pocket lah yang paling enak karena praktis untuk digunakan memotret. Namun, jika ingin menikmati hasil yang maksimal, maka d-SLR yang menjadi pilihannya.


Lalitya (20), mahasiswa salah satu universitas negeri di bandung yang menyukai dunia fotografi juga mengatakan, d-SLR adalah kamera yang paling membuatnya nyaman untuk menghasikan foto-foto karyanya. Kamera digital-SLR merupakan kamera yang biasa digunakan profesional karena kelengkapan fiturnya yang memudahkan menciptakan hasil foto yang lebih hidup dibandingkan dengan penggunaan pocket kamera ataupun LOMO.


Sedangkan LOMO merupakan kamera yang berbentuk unik, lucu, dan berwarna-warni. Lensa yang terdapat dalam kamera ini pun bermacam-macam, hingga mampu menghasilkan foto dengan berbagai efek tertentu. Namun, karena lensa kamera LOMO merupakan lensa fix yang tidak dapat diganti, maka hasil foto dari satu jenis kamera LOMO cenderung sama jenisnya. Misalnya jika kita menggunakan kamera LOMO berlensa fisheye maka kita akan mendapatkan hasil foto yang berefek cembung. Saat ini LOMO merupakan salah satu kamera yang sangat digandrungi anak muda, sehingga perkumpulannya pun cukup banyak.


Jadi, kamu mau melukis dengan kamera yang seperti apa?



5 komentar:

indah tri novita dan inda astri andini mengatakan...

aku melukis dengan kamera pocket saja. :D
kamera pocket mudah dibwa dan gampang memotretnya.

kamera kemari mengatakan...

hidupkan kembali dunia analog!!

Putera Hasudungan Aritonang mengatakan...

polaroid!

Rinanda Halfi Muhamad mengatakan...

Hidup FOTOFRAFI INDONESIA lah pokoknya,,,

art.Mosphere mengatakan...

HIDUPPPP!!!

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 art.Mosphere Designed by csstemplatesmarket

Converted to Blogger by BloggerThemes.Net